Saturday, April 2, 2011

Bolkus Ceria oleh Aline



Dear peri2 host cantik..

Hmmmm akhirnya ada kesempatan juga buat lapor dan ikutan week nya NCC.(aslinya bikinya dah dari miggu lalu br sempet edit foto n setorannya skr)
Ini firts trial ku buat bolkus secara biasanya klo mau makan bolkus tinggal nodong mamahku hehe males bikin.com judulnya.
tapi pas liat milis lagi seru bolkus warna warni dan aneka rupa maka saatnya aku mo bikin sendiri.
aku pake resep punya mamahku dan pake essens vanila hmm wangi bgt. truspake 3  warna-warni ceria  yg  makin bikin hariku ceria dan semangat buat bikin bolkus dengan varian lain (lebay mode). 

Inti resepnya tuh ga beda jauh sama punya mba yanti saleh cuma metodenya langsung semua bahan dimixer sampe kaku/fluffy trus tinggal di warna2in n siap di masukin di cetakan.Alhamdulillah first trial ini langsung sukes mekar bagus jd 4 trus pastinya rasanya lembutt bgt. Dan aku sengaja  msih nyimpen sati cup diwadah ketutup setelah 2 mlm masih oke rasa n teksturnya.mm.mm jadi mikir lagi ahh mo bikin bolkus apa lg yaa weekend ini.

Resep nya...

bahan2 :
* berhub aku males nimbang2 maka aku pakai gelas belimbing (taukan gelas belimbing) itu yg bening beling biasa ukuran std isi 250 ml.
2 gelas munjung tepung terigu protein sedang (gw pake segitiga biru)
1 gelas peres gula pasir
2 btr telur (cari yg uk nya sedang/besar)
2 sdk teh munjung emulsifier (beli di alfamart aja gw pake tbm/ovalet)
stgh gelas sprite/air soda (gw pake sprite, usahain yg msh baru jgn yg dah di buka yaa)
stgh gelas susu cair/santan (gw pake susu bearbrand soalnya itu yg ada di kulkas hehe)
Vanila paste/vanili bubuk (bs diskip)

cara bikinnya :
ambil wadah yg lumayan besar kocok telur + gula+  n emulsifier+vanila pasta +tepung  atau semua bahan masukin dan kocok pertama kocok dg speed rendah (biar tepung ga berantakan) kemudian speed naiikin sampe max kocok  sampe putih dan fluffy (kurleb 15 -20 menit tergantung kehandalan miksernya klo pake mikser yg miyako or philips 20 menit ya kl pke yg cangih (heavy duty maksudnya) 10 mnt dah oke)
kalo dah putih fluffy (tes pake sendok ambil sedikit trus di tumpahin ga jatoh berarti dah fluffy tu)
adonan siap , tinggal diwarnain sesuai selera. taro di wadah ambil sebagian bikin 2 or 3 wrna teserah dah. terus masukin deh ke cetakan yg dah dialasi kertas cup.tuang bergantian sesendok adonan putih terus sesendok lg adonan wrna1 taro di tengahh trus sendok lg warna 2 dst. kukus kurleb 15 mnt.

Salam ceria bolkus
Aline bundanya Nad
www.dapurmamabunda.blogspot.com

No comments:

Post a Comment