Sunday, April 3, 2011

Bolu Kukus Mekar Oleh Lingga

Mao lapor juga ah. Sebenernya saya lg niat ksh teman2 sekolah anak saya kue2 yg saya bikin. Niatnya sekalian promosi gt, hahahaha...

Sebelumnya sudah pernah bagi2 bolu kukus putel pelangi.  Skrg giliran bolu kukus mekar. Berhubung byknya resep yg berseliweran di milis, iman saya jd gak kuat deh, hehehe...

Pilih2 resep jatuh ke resep bolkusnya Vivi Liong. Alesannya...resep nya mudah dan gak pake air soda (lg males beli sebenernya :p)

Saya bikin versi mini soalnya mao dibagi2 utk 32 murid kelas anak saya. 1 resep jadi 36 pcs.

Besoknya, anak saya laporan. "Ma, tadi teman2 bilang terima kasih sama Mama. Kue nya enak. Miss nya jg blg enak (gurunya kebagian soalnya pas ada anak yg gak masuk :D) dan tanya, kapan bikin lagi (hadeeeeh)"
Wajaar....bolkusnya wangi santan bangeeet, hahahahaha....

Sebenarnya hasil gak semuanya merekah. Ada 5pcs yg cm mancung 1 doank dan rata2 cm mekar 3. Ngarep bgt nih jd mekar 4. Tapi liat di kantin sklh anakku, bolkus yg dijual jg semua cm mekar 3 tuh (membela diri).

Cuap2nya sudah cukup. Resep saya sertakan dibwh ini.

Bahan:
2 butir telur
250 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
250 gr tepung terigu protein sedang
50 gr susu bubuk
200 ml santan
1 sdm esens (saya pakai vanili)
Pewarna makanan (saya pakai pasta coklat, pandan, pewarna pink rose dan ungu)

Cara Membuat:
- Panaskan kukusan dengan api sedang, bungkus tutupnya dengan serbet.

- Kocok telur dan gula hingga agak mengental, masukkan emulsifier, kocok hingga kembali putih dan kental.

- Masukkan campuran terigu dan susu bubuk bergantian dengan susu cair, sambil terus dikocok hingga rata. Bagi2 adonan.  Tambahkan pasta, kocok rata.

- Tuang ke cetakan yang sudah dialas papercup (saya pakai kertas roti). Masukkan ke kukusan (jangan banyak-banyak, sisakan ruang yang cukup biar bolkusnya ngakak).

- Kukus selama 10 menit (jangan buka kukusan selama waktu tersebut). Keluarkan, lepaskan dari cetakan, taruh di rak kawat, agak tidak basah.

Lingga ^.^

No comments:

Post a Comment