Saturday, April 2, 2011

Bolu Kukus Mocca Oleh Sisilia P

Dear NCCers,

Mau ikutan bolkus week nih.. Saya bikin bolkus biasa pake pasta mocca.
Kebetulan anak saya lagi seneng banget yg berbau2 mocca jd nggak
kepikir yang lain. Dan, karena terakhir bikin bolkus mungkin sdh 2 thn
lalu, yg mana 2 kali yg terakhir  selalu nggak sempurna, jd bikin
patah hati. Padahal dr percobaan pertama, bolkus saya selalu mekar
cakep.

Nah tadi iseng jalan2 cari resep bolkus yg nggak perlu pakai air soda
dan baking powder, krn cuma punya emulsifier di rumah dan susu. deg2an
sudah pasti, dan berusaha membuang jauh2 pikiran akan gagal. Saya
dapat resep dr sini: http://adekbayi.multiply.com/journal/item/4
(thx to mbak Vit).
Oiya yg agak spesial kali ini sy nekat menggunakan cetakan cupcake...
inget pernah baca postingan mbak Lisa Basuki dulu, bahwa bolkus pakai
cetakan cupcake juga bisa. Jadi separuh adonan sy kukus pakai cetakan
cupcake separuh pakai cetakan bolkus bolong2 itu, dan bener2 jadi lho,
nggak ada bedanya... mekar cakep, bahkan kembangnya sampai hampir
patah, jd mesti hati2 banget ngangkatnya.
ini resepnya;

Bolu Kukus

bahan:
2 telur
250 gr gula
1 sdt emulsifier
300 gr terigu
3 sdm susu bubuk
220 ml susu/air (aku pakai susu lowfat)
1 sdt pasta mocca atau pasta rasa lain sesuai selera


cara membuat:
1. panaskan dandang berisi air. Siapkan tutupnya, bungkus dengan serbet.
2. Ayak terigu dan susu bubuk, sisihkan
3. kocok telur dan gula sampai berbusa, masukkan emulsifier, kocok
speed tinggi sampai putih kental (saya pakai mikser philips sekitar 13
menit)
4. kecilkan speed mikser jd paling rendah,masukkan tepung dan susu
bergantian(saya masukkan dalam 3 bagian)
5. ambil sepertiga adonan, tambahkan pasta mocca
6. masukkan cetakan sesuai selera (selang selaing coklat putih) sampai
benar2 penuh, kukus di dandang yg sudah beruap banyak. Saya kukus 15
menit, nggak pede soalnya hehehe



Lega banget berhasil mengalahkan ketakutanku akan kegagalan yg
terulang .... thx to NCC Bolkus Week (dan panitia tentunya) yg
membuatku bikin bolkus lg :)




--
Sisilia P

http://dapurkenari.blogspot.com

No comments:

Post a Comment