Saturday, April 2, 2011

Bolu Kukus Pelangi Mekrok ala rina rinso Oleh Rina Rinso

Assalamualaikum...ibu peri yang cantik dan baik hati dan NCC-ers. Mau setor bolkus week nih.

Haduhhhhh virus bolkus di NCC benar-benar seperti virus yg mudah menular. Menjangkiti siapapun yang tersepona eh  terpesona melihat foto-foto bolkus yang menawan dan sudah pasti rasanya enak. Gak salah kalau akhirnya aku kena virusnya juga. Tetapi virus yang menyenangkan.
Sore ini mengumpulkan semangat untuk membuat bolu kukus dan aku coba pakai resep bolu kukus mekrok yang sudah pernah aku coba di dapurku. Resepnya dari temannya mbak Nana (Depok) yaitu mbak Rurie tetapi untuk santan aku ganti dengan susu uht (ultra), gula aku kurangi jadi 375 gr trus bolkus aku cetak dengan loyang muffin isi 12.


Bolu Kukus

Bahan 

400 ml susu cair plain (misalnya susu Ultra)
500 gr terigu segitiga biru
375 gr gula pasir
2 butir telur
1 sdm (40 gr) emulsifier (misalnya ovalet, tbm, sp 28)
vanila secukupnya (tadi 1 sdm vanila jansen)


Cara membuat :

Panaskan dandang, siapkan loyang muffin, beri alas kertas cup.
Masukkan semua bahan ke dalam kom mikser dan kocok selama 25 menit.
Setelah itu masukkan ke dalam mangkok/piring/baskom dan beri warna sesuai selera.
Masukkan adonan warna berselang-seling dalam papercup.
Masukkan ke dalam klakat/dandang dan kukus selama 15 menit dengan api besar.

Hasilnya...ada 22 buah bolkus yang mekar merekah sempurna, alhamdulillah. Warnanya berusaha menyerupai warna pelangi :)

Laporan selesai.

terima kasih ibu peri...


-- 
rina rinso

Dapurku : http://ala-rinarinso.blogspot.com
Etalaseku : http://pochopa.com
Sate Ponorogo : http://sate-ponorogo.blogspot.com

1 comment:

  1. Aq dah coba resep bolkus dari ncc sekali bikin langsung jadi mekrok alias ketawa ngakak...pengen ikut upload di sini tapi caranya gmn ya....

    ReplyDelete