Friday, April 22, 2011

Bolu Kukus Zebra oleh Elin Ika Gartika






Dear Peri Host NCC Bolkus Week,

Saya minta izin ikutan NCC Bolkus Week, mudah2an lulus secara ini ajang NCC Week pertama yang saya ikuti.
Untuk NCC Bolkus week ini saya nyoba bikin bolu kukus Zebra, dengan menggunakan resep Ibu Lisa Basuki (sekalian saya mau minta izin copas resep-nya Ibu Lisa karena mau comment di blog ga bisa terus… gaptek). Bolu kukus ini adalah kue yang pertama kali membuat saya rajin buka2 web dan imel NCC group dan Alhamdulillah setelah 2 kali percobaan (di tahun 2008) akhirnya berhasil membuat bolu kukus yang mekrok. Tapi, bolu kukus dengan resep dari Ibu Lisa Basuki ini yang paling bikin saya tercengang, karena begitu klakat dibuka semua bolu kukus mekar merekah. Saya juga coba pake cetakan cup cake satuan dah hasilnya tetap merekah walaupun tidak semerekah yg pake cetakan bolu kukus.

Ini resep bolu kukus yg saya pake:
Bahan :
2 btr telur ( 100 gr )
250 gr gula kastor ( saya pake Gulaku hijau )
1 sdt ( 8 gr ) emulsifier / SP
250 gr tepung terigu Kunci Biru atau tepung rendah protein lainnya
50 gr maizena
200 cc air biasa / air kelapa / susu / santan (saya pake susu UHT)
1 sdt Essence Vanilla
2 sdm Pasta Coklat

Cara Membuatnya :
- Siapkan cetakan dan alasi dengan paper cup.
- Panaskan kukusan
- Kocok telur, gula kastor dan emulsifier sampai kental, kalau sudah terasa berat, masukan sebagian cairan sedikit demi sedikit
- Masukkan tepung terigu dan sisa cairan berselang seling, mixer terus sampai rata
- Ambil 1/3 bagian adonan dan beri pasta coklat, aduk rata, sisihkan
- Sisa adonan putih diberi essence vanilla, sisihkan.
- Isi cetakan dengan adonan putih 1/2 bagiannya, penuhi sisanya berselang seling dengan adonan coklat dan putih menggunakan piping bag, sampai 7/8 tinggi paper cup
- Kukus dalam kukusan dengan panas tinggi selama 15 menit untuk cetakan kecil, dan 20-25 menit untuk cetakan besar.
Oh ya saya senang sekali membuat bolu kukus ini karena kebetulan anak2 suka. Dan bolu kukus yang dilaporkan di NCC Bolkus Week ini dibuat untuk bekal sekolah anak.

Terima kasih Ibu2 Peri atas kesempatannya.

Salam Bolkus Merekah

Auliyacakes.blogspot.com

No comments:

Post a Comment