Saturday, April 2, 2011

Onbitjkoek Bolu Kukus oleh Nicke






Assalamualaikum ibu2 Peri...


Semoga selalu sehat wal afiat, amiin
maaf malam2 mengirim laporan.. karena saking senangnya.... saya mencoba beberapa resep, kali ini bolu kukus yang hasil merekah dengan memakai modif saya adalah resep dari ibu Vivi Liong, saya sampai sakit kaki mencoba dan mencoba ...kemarin pesanan snack langganan saya, memakai resep bu peri Yanti, jumlahnya 175 buah terkirim,  kenyataannya yang saya bikin adalah 250 buah ! sebagian bolkus nya tersenyum malu2 (pegeel)...


setelah jeda sehari istirahat, maklum sudah berumur tapi kena virus "bolkus fever" jadi seperti inilah bolu kukus ini :


Onbitjkoek Bolu Kukus
recipe by Vivi Liong
modif by nicke




Bahan :

2 butir telur (sy pakai telur bebek)
400gr gula merah/gula palem rebus bersama 400ml air.Saring.
500 gr tepung serba guna
150 gr gula pasir
1 sdt soda kue (saya skip )
1/2 sdt baking powder (1 1/2 BPDA)
1 1/2 sdt bubuk onbijtkoek
250 ml minyak sayur

cara membuat :

1.kocok telur, bpda dan gula pasir sampai putih dan kental.

2.masukkan tepung, air gula merah, dan minyak sayur bergantian ke adonan telur, masukkan bubuk onbitjkoek
.
3.tuang ke dalam papercup di loyang bolkus sampai hampir penuh.

4.masukkan ke kukusan yang sudah terlebih dahulu dipanasi sampai keluar uap yang banyak.

5.tunggu 25-30 menit jangan dibuka tutup.


Tidak banyak yang berubah, tetapi saya sangat mengidam-idamkan "taste onbijtkoek" sejak lama, hampir sepuluh tahun saya menemani nenek, setiap tahun itu pula saya selalu buat onbijtkoek cake di hari lebaran......tapi resep itu hilang entah kemana ..! kalau saya buat selalu gagal...karena tidak ada catatan..! paling tidak saya buat dengan pilihan yang ini...
semoga bermanfaat, maaf disibukkan dengan laporan malam2


salam kangen nenek
nickejj
http://aucoindemacuisine.wordpress.com

No comments:

Post a Comment